Saturday, August 11, 2012

Test : La Tulipe, Maybelline, 3W Clinic, Pigeon, Pixy



Pernah ngetes kadar merkuri produk kosmetik gak? Pasti banyak yang udah.

Saya pernah baca review bedak 3W Clinic Professional Powder yang sekarang saya pake. Reviewer itu menguji kadar merkuri di bedak tabur yang katanya laris di Jepang dan Korea itu. Dia mengoleskan bedak di tangan, lalu digosok dengan emas. Kalau warnanya berubah, bedak.itu mengambdung bahan-bahan berbahaya. Bedak tabur 3W Clinic buatan Korea itu tidak mengalami perubahan warna.


Meski udah banyak blogger yang menulis artikel serupa, tapi saya penqsaran ingin mencobanya senduri. Ini beberapa bedak yang ada di rumah.

1. La Tulipe two way cake powder, yang saya pakai sejak kuliah dan ditinggalkan tahun lalu

2. Maybelline clear smooth yang kepake dua minggu aja gara-gara salah shade

3. Pixy UV Whitening Two Way Cake punya nyokap.

4. Pigeon two way cake powder, yang dibeli karena kesalahan nyokap (maksudnya mw beli refill pigeon compact powder squalen white buat ade)

5. 3W Clinic Preoffesional Powder (bedak yang katanya cocok dipake sama BB cream.


Cara ngetes, oleskan bedak di daerah punggung tangan, lalu gosok dengan uang koin.


Semua pics udah saya kasih tulisan. Yang pertama La Tulipe, tidak mengalami perubahan warna setelah.


Lalu Maybelline dan Pixy, hasilnya Puxy kelihatan banget item setelah digosok. Maybelline juga berubah agak lebih hitam kemudian jadi.kemerahan (di gambar kurang jelas)

Yang terakhir, Pigeon dan 3W Clinic. Mw saya gosok beberapa kali juga ga berubah warna.


Well, mungkin ada readers yang ingin mencoba sendiri ngetes bedaknya.

Boleh share ya.


Published with Blogger-droid v2.0.4

16 comments:

  1. Waw, baru tau ada cara ngetes gini :)

    ReplyDelete
  2. baru tw ad cara ni..^ ^"
    jadi maybelline n pixy ad mercury, y?
    aku pake maybelline soalny..:'(

    ReplyDelete
  3. Itu cuma hoax, sayang... Gak mungkin kosmetik yang sudah memiliki izin mengandung logam berat berabahaya.

    Warna bedak bisa teroksidasi oleh emas seperti itu karena mengandung sejenis logam seperti titanium dioxide atau zinc oxide yang cukup tinggi... keduanya memang biasa ada di dalam kosmetik2

    ReplyDelete
  4. Yep ini hoax. Mercury gak bisa ditest dengan cara sesederhana ini, musti ditest di laboratorium. Hati-hati menulis di ruang publik, jangan sampai menyesatkan. Salam kenal... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar. saya setuju dengan anda. tes-tes kayak begini memang menyesatkan. kembali lagi kepada masyarakat, apakah mau jadi konsumen cerdas atau dengan lugu menelan mentah-mentah informasi dari internet..

      Delete
    2. setuju (y) hehee ... ga fix bgt ya

      Delete
  5. makasi yah mbak infonya.. wadu aq pake yang berkuri dunk.. hiks pindah lagi ke pigeon.. hidup pigoen

    ReplyDelete
  6. Setau aku paling yg bisa di tes secara sederhana itu kandungan timbal yg ada dlm kosmetik.. Timbal itu sejenis logam yg kdg dipakai dlm pembuatan kosmetik untuk membuat warna jreng dan tahan lama.. Biasanya dalam lipstik. Cara ngetes nya jg hanya bisa pake sesuatu yg mengandung logam murni, yaitu emas.. Jadi buat ngetes lipstik mengandung timbal ato engga, coba olesin lipstik ke punggung tangan/telapak tangan, lalu gosok dengan cincin. Kalo warna lipstik berubah agak gelap ato kehitaman berarti itu mengandung timbal.. Nah kalo untuk merkuri, itu hrs di uji di laboratorium...

    ReplyDelete
  7. yaahh :( Maybeline aku juga hasilnya hitam setelah di gosok emas ..
    bahaya dunk ??

    ReplyDelete
  8. Hoax aja.... Semua kosmetik itu cocok2an sama kulit... Yang mahal memang lebih terjamin.

    ReplyDelete
  9. kalo semua bahay..mending gak usah pke aja..hehe :D belum tentu yg dari dokter juga aman. semua terserah kita aja. yakin dan percaya pada pilihan dan tidak berganti2 kosmetik.insyaAllah aman.. hehe :)

    ReplyDelete
  10. Jangan terlalu percaya sama yang kaya gini. HOAX. Baru aja aku beli pixy tadi eh setelah liat di internet ada yg kaya gini. Kalo yang udh BPOM itu udah aman sista :)

    ReplyDelete
  11. Di gosok berubah warna pd kosmetik itu karna mengandung spf..seperti titanium dioxside..tes merkuri ngak sesederhana itu..

    ReplyDelete
  12. Yaa liat aja kali di ingredientsnya, kimia semua kan. Pasti ada bahan yg bisa teruji dgn tes amatiran gini. Lagian kalo merkuri diedarkan dan mudah dibeli gini, kacau udah bpom yang kasih ijin.

    ReplyDelete
  13. Kalo aku sih pake pigeon waktu masa remaja,sekarang aku pake produk Pixy soalnya kulit wajah aku maunya yg terasa ringan tidak terlalu berminyak/lembab dikulit,tidak panas dan tidak gatal,seminggu sekali wajah aku pake masker madu,memberi nutrisi buat kulit,diminum juga boleh bagus buat kesehatan kulit,aku tidak tertarik dengan produk mahal karena nggak punya duit😁😁😁

    ReplyDelete